-->
ads here

Pentingkah Root ??

advertise here
Pentingkah Root ??
Pengertian Root itu sendiri::


           hayo siapa yang punya android ??? pasti sudah paham dan sudah tidak asing dengan kata rooting ??
Root secara harfiah dan ilmu linux artinya akar pohon, maka bisa diartikan bahwa root adalah sebuah profile user yang paling tinggi tingkatannya dari sebuah sistem atau di sebut tuhan sehingga bisa merubah keseluruhan sistem

Fungsi Root ???

            Fungsi root sendiri adlalahandroid itu untuk memberikan hak Akses penuh kepada pengguna atau user android agar dapat masuk ke dalam sistem operasi android
Dengan melakukan proses root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem android itu. Yang mana dalam keadaan awal atau standar (belum di root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Apabila dianalogikan sistem operasi komputer windows, fungsi root android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

Catatan : Dengan melakukan sebuah root android, bukan berarti ponsel android Anda akan memiliki perfoma yang menigkat. Namun, setelah di root, anda akan memiliki ruang untuk mengembangkan sistem operasi tersebut. 
Keuntungan setelah di Root ?

1. Anda dapat menginstall aplikasi yang membutuhkan akses root

Contoh aplikasi yang membutuhkan akses root yang paling banyak diinstall adalah :
  1. Root explorer : aplikasi pengganti file manager
  2. Titanium backup : Aplikasi ini berguna untuk membackup semua aplikasi yang terinstall. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini dapat juga mem-back up data-data aplikasi seperti pengaturan (setting-an), dll.
  3. Aplikasi screenshot : Berguna untuk mengambil screen shot dari layar handphone.
  4. Wi-fi tether : Aplikasi ini dapat menjadikan ponsel android membagi koneksi internetnya melalui jaringan wi-fi. Aplikasi ini sudah terinstall pada sistem android 2.2 Froyo ke atas.
2. Bisa menginstall custom rom

       Saya sendiri selama memkai galaxy W alias wonder untuk ganti Custom sendiri tidak terhitung. Custom ROM merupakan sebuah sistem operasi android yang telah di kustomisasi (alternatif) atau bukan buatan vendor ponsel. Custom ROM dikembangkan oleh komunitas penggemar sistem operasi android. Sehingga dari segi tampilan dan fitur akan sedikit berbeda.

Catatan: Dengan melakukan root bukan berarti anda dapat langsung melakukan instalasi custom rom, namun kebanyakan handphone android membutuhkan akses root bila ingin diinstall custom rom



3. Dapat memaksimalkan kinerja Ponsel

         Salah satu pengaturan yang dapat dilakukan adalah overclock processor. Dengan melakukan overclock, processor dapat “dipaksa” kerja lebih cepat dari kecepatan bawaannya yang secara keseluruhan dapat meningkatkan kinerja ponsel. Namun demikian, overclock dapat memperpendek usia processor, membuat baterai lebih boros dan cepat panas dan juga ada kemungkinan menyebabkan sistem menjadi tidak stabil.


4. Dapat Menghapus aplikasi bawaan pabrik

           Dengan melakukan root, kita dapat melakukan uninstall aplikasi-aplikasi bawaan pabrik yang tidak berguna dan hanya memenuhi memori telepon. Namun, jika anda berniat melakukan hal ini sebaiknya berhati-hati, karena jika salah uninstall dapat menyebabkan kinerja handphone menjadi tidak sempurna. Sebaiknya jangan dilakukan bila tidak terlalu diperlukan.

         Nah ada kelebihan, tentu aja ada kekurangannya 
1. Dapat menghilangkan garansi handphone

         Kenapa rooting android dapat menghilangkan garansi ? karena root itu diibaratkan seperti “segel garansi”. Analoginya seperti ini, apabila anda membeli komputer buatan pabrik (bukan komputer rakitan), biasanya akan dilengkapi dengan segel atau stiker garansi. Segel ini biasanya akan rusak bila kita membuka casing computer.

         Jika hp anda mengalami kerusakan, misalnya speaker tidak berbunyi dan anda membawa ke service center dengan kondisi ter-root, maka ada kemungkinan klaim garansi akan ditolak dan dikatakan bahwa ponsel rusak akibat proses root, padahal sebenarnya tidak.

Namun sebenarnya anda tidak perlu terlalu khawatir, berbeda dengan segel garansi, proses root dapat dibalikkan atau ponsel dikembalikan ke kondisi awal. Proses ini dinamakan unroot. Jika proses unroot dilakukan, maka secara otomatis garansi akan berlaku kembali.

Catatan: Bila ingin membawa hp ke service center, selain dilakukan unroot, sebaiknya lakukan juga factory reset (menghilangkan semua data dan aplikasi yang terinstall). Dan silahkan coba saja ke samsung centernya hihiihiih.

2. Keamanan 

            Dikarenakan sistem pada perangkat sudah terbuka, maka ada peluang untuk melakukan edit pada sistem, jika anda salah dalam edit maka akan menimbulkan brick (perlu saya tegaskan, kesalahan terjadi pada edit, bukan pada rooting).


3. Mudah Terinfeksi Virus.
           Kenapa demikian?? Karena dengan kita melakukan root pada sanroid kita berarti kita telah memmbuka pintu, ibarat komputer itu FIREWALL nya sudah ada buka, dan secara otomatis virus akan mudah untuk masuk.

Itulah beberapa informasi seputar Root Android, silahkan anda pikir-pikir dulu sebelum melakukan root .

Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()