-->
ads here

Membuat android sebagai Modem via WIFI/USB

advertise here
Membuat android sebagai Modem via WIFI/USBSebenarnnya ini adalah kelebihan atau fitur yang diberikan oleh smartphone android itu sendiri dan seperti setiap smartphone android memiliki fitur saty ini .  Bagi yang sudah lama memakai android tentu saja sudah tahu cara ini,
Membuat android sebagai Modem ada dua cara yang saya ketahui, pertama kita memanfaatkan fasilitas WIFI yang ada di Netbook dan tentunya di Smartphone itu sendiri.

  •  Membuat android sebagai Modem Lewat WIFI
Untuk Wifi sendiri ada bebrapa manfaat dan keuntungan.
  1. Lebih efisien, tidak memerlukan kabel untuk koneksinya alias mudah
  2. Untuk Paket internet dapat kita pakai secara bersamaan di ponsel maupun di laptop
  3. Yang namanya wifi tentu bisa di share ke beberapa laptop. 
 Cara membuatnya :


Untuk Os gingerbread dan os yang lebih tinggi kurang lebih sama caraya

1. Masuk ke menu Settings atau pengaturan
2. Klik Wireless & Network


Membuat android sebagai Modem via WIFI/USB 
3. Klik Tethering  &  Portable Hotspot
 
Membuat android sebagai Modem via WIFI/USB 
4. Jika anda ingin menjaga keamaanan akses Wi-Fi pada ponsel anda, anda dapat menambah keamanan akses Wi-Fi dengan cara klik Mobile AP setting atau pada beberapa tipe ponsel android lain menunya adalah Portable Wi-fi hotspot setting.
5. Pilih configure mobile AP
Membuat android sebagai Modem via WIFI/USB



6. Pada bagian ini anda tidak hanya dapat memberi password pada akses Wi-Fi anda, tetapi anda juga dapat mengubah nama Wi-Fi pada ponsel anda dengan cara mengganti network SSID. Di bagian bawah network SSID terdapat menu security. Klik menu security kemudian pilih WPA2 PSK jika ingin memberikan password.Ketikan nama password yang anda inginkan tetapi jika anda memperbolehkan siapapun untuk mengakses Wi-Fi miliki anda maka pada security pilihlah open.Langkah selanjutnya yang anda lakukan adalah mengatur password Wi-Fi pada ponsel anda.
7. Beri tanda centang pada menu Portable Wi-Fi HotSpot atau pada beberapa tipe handphone Android lain seperti ponsel yang saya gunakan pilih Mobile AP.
8. selesai .

  • Menggunakan Android sebagai modem via USB

Jika anda ingin menggunakannya melalui USB, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memasangkan smartphone Android anda dengan perangkat seperti laptop atau PC melalui kabel USB.

  • (Pada smartphone anda) sebelum menyatukannya dengan PC atau laptop, gunakan USB connection mode sebagai MSC (Mass Storage). Anda bisa menemukannya pada gambar kedua yang ada di atas, lalu pilih Utilitas USB. (Selain Android v2.3 mungkin anda akan menemukannya di tempat lain. Silahkan eksplorasi untuk mencarinya)
  • Hubungkan smartphone anda dengan laptop / PC via USB. Jika sudah terhubung, tunggu beberapa saat agar PC membaca perangkat anda.

  • Jika sudah terbaca, scroll down layar bagian paling atas (tempat notifikasi dan quick panel) lalu sentuh SD card telah terhubung/ SD card connected, agar PC tidak lagi membaca SD card anda. Namun jangan terburu-buru untuk menghindari kerusakan pada SD card anda.

  • Tunggu dan biarkan beberapa saat agar device atau smartphone anda membaca kembali SD card. Disini juga saya sarankan untuk tidak terburu - buru untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan seperti hang pada smartphone atau kerusakan pada SD card misalnya.

  • Jika sudah, ikuti langkah pada gambar diatas, dan pada gambar ketiga di atas pilih penambatan USB (yang ditunjuk dengan panah berwarna merah)
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()