-->
ads here

Langkah Update Android 4.4 KitKat di Asus Zenfone 4 melalui OTA (Over the Air)

advertise here

Update Android 4.4 KitKat Asus Zenfone 4 – Halo Pembaca! Pada kesempatan kali ini Tuxlin Blog akan mengulas langkah-langkah atau cara update Android 4.4 KitKat Asus Zenfone 4 melalui OTA (Over the Air). Seperti yang kita ketahui, smartphone Asus Zenfone 4 ini hadir dengan sistem operasi default Android 4.3 Jelly Bean dan Asus menjanjikan update Android KitKat. Belum lama ini update Android 4.4 KitKat telah dirilis untuk Asus Zenfone 4, Zenfone 5, dan Zenfone 6. Pada posting kali ini saya menggunakan Asus Zenfone 4, tetapi saya kira Zenfone 5 dan Zenfone 6 cara update-nya juga sama kok dengan ini :D Oke, berikut ini adalah langkah-langkah update Android 4.4 kitkat pada smartphone Asus Zenfone 4.

WP_20141017_16_29_35_Pro Persiapan Update Android 4.4 KitKat Asus Zenfone 4

  • Smartphone Asus Zenfone. Sebelum mengikuti tutorial ini, pastikan Anda memiliki smartphone Asus Zenfone, boleh Zenfone 4, 5 atau 6 milik sendiri lho ya, bukan milik tetangga :mrgreen: Kalo saya sih minjem Asus Zenfone 4 buat posting kali ini hahahaha :lol:
  • Pastikan baterai Asus Zenfone 4 terisi penuh. Kalau nggak penuh? Yah nggak papa sih, soalnya kita bisa update sambil colokin ke charger :-P
  • Koneksi internet yang mumpuni dan stabil. Kalaui update via OTA, koneksi internet yang cepat dan stabil adalah wajib gan… Nah pada update Android KitKat pada Asus Zenfone 4 ini kita bisa pake WiFi atau koneksi seluler. Saya sendiri menggunakan koneksi seluler 3G HSPA (update-nya tengah malem biar lancar :mrgreen: ).
  • Jika update menggunakan jaringan selular, pastikan kuota internet Anda mencukupi karena download update Android 4.4 Kitkat di Asus Zenfone 4 ini sekitar 554MB.
  • Siapkan kopi, teh, cemilan atau sambil makan berat juga boleh, hahahaha… Lama tidaknya proses update Android 4.4 KitKat pada Asus Zenfone 4 ini tergantung koneksi internetnya. Makin lelet koneksi internetnya, makin lama proses download update-nya. Setelah download selesai, proses update dari Android 4.3 Jelly Bean ke Android 4.4 KitKat cuma makan waktu 5 menit. :)

Proses Update Android 4.4 KitKat di Asus Zenfone 4

Setelah semua persiapan dilakukan, langsung saja ambil Asus Zenfone 4 dan buka Settings > About > System update.  Setelah masuk menu System update, tap atau sentuh pada tombol Check Update dan smartphone akan melakukan pengecekan ke server. Jika smartphone Asus Zenfone yang Anda gunakan belum pernah sekalipun di-update, maka harus melewati beberapa update kecil sebelum sampai ke update Android 4.4 KitKat. Asus Zenfone 4 yang saya gunakan harus melakukan dua kali update dengan ukuran 71MB dan 30MB sebelum dapat update ke Android 4.4 KitKat.
Jika update Android 4.4 Kitkat telah tersedia, akan muncul gambar seperti di screenshot berikut ini.
Update Android KitKat Zenfone 4_01
Pilih Yes. Smartphone Asus Zenfone 4 akan mulai mengunduh file update Android 4.4 KitKat
Update Android KitKat Zenfone 4_02
Proses download update Android 4.4 KitKat untuk Asus Zenfone 4 sedang berjalan.
Update Android KitKat Zenfone 4_03
Proses download ini tergantung kecepatan koneksi internetnya gan. Tempat saya kebetulan lumayan lelet :mrgreen: jadi saya tinggal tidur dulu :lol:
Update Android KitKat Zenfone 4_04
Hampir kelar gan downloadnya :D Sebenernya agak nyesek karena pas mencapai 70%, tiba-tiba koneksi drop dan dowload update Android 4.4 KitKat dimulai dari awal. Alhasil Jam 2 pagi baru kelar tuh downloadnya :lol:
Update Android KitKat Zenfone 4_05
Proses download selesai gan, tap atau sentuh pada notifikasi untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
Update Android KitKat Zenfone 4_06 Update Android KitKat Zenfone 4_07
Muncul notifikasi seperti di atas, pilih Install untuk memulai proses update Android 4.4 KitKat pada smartphone Asus Zenfone 4
Cara Update Android KitKat Zenfone 4_01
Setelah kita pilih Install, maka smartphone Asus Zenfone 4 ini langsung otomatis reboot dan muncul proses update seperti pada foto di atas. Proses di atas mememrlukan waktu sekitar 2 – 5 menit gan :)
Cara Update Android KitKat Zenfone 4_02
Setelah proses selesai, maka Asus Zenfone 4 kembali reboot dan muncul informasi upgrade seperti di atas. Ada beberapa kasus, Asus Zenfone 4 tidak mau hidup setelah tahap Installing system update… Jangan khawatir jika itu terjadi, lepas saja baterai dan pasang kembali, kemudian hidupkan kembali dan proses akan kembali berjalan. Jika Zenfone Anda tak mengalami masalah tadi, nggak perlu lepas baterai, cukup menunggu saja :)

Update Android 4.4 Kitkat Asus Zenfone 4 Telah Selesai

Update Android KitKat Zenfone 4_08 Setelah proses update OS Android 4.4 KitKat pada smartphone Asus Zenfone 4 selesai, akan muncul notifikasi seperti di atas. Selamat gan, sudah sukses update ke sistem operasi Android 4.4 KitKat terbaru! Eits.. tunggu dulu… Android 4.4 KitKat sudah bukan lagi OS Android terbaru karena udah muncul versi yang lebih baru lagi, yakni Android 5.0 Lollipop hahaha :mrgreen: Oiya untuk memastikan Asus Zenfone 4 sudah benar-benart ter-update atau belum bisa di cek melalui menu Settings > About dan muncul screenshot seperti si bawah ini.
Update Android KitKat Zenfone 4_09 Pada bagian Android version ada nomor versi 4.4.2 yang berarti smartphone Asus Zenfone 4 ini telah menjalankan sistem operasi Android 4.4.2 KitKat. Ini artinya update yang telah kita lakukan berhasil. Gampangkan proses update-nya? Cuma tinggal tap ini itu kemudian nunggu, dan kelar, hehehehehe… Yang bikin sebel itu nunggu proses downloadnya, apalagi saya cuma pake 3G HSPA dengan sinyal yang gak gitu stabil, hehehe…

Fitur Baru Android KitKat Asus Zenfone 4

Berdasarkan keterangan yang terdapat pada notifikasi update, rilis update Android 4.4 KitKit ini membawa sejumlah fitur baru, yakni :
  • Update versi Android ke 4.4 KitKat (ya iyalah :mrgreen: )
  • Hadirnya mode Do Not Distrurb
  • Reply via Call-in Card
  • Dukungan dual stand-by
Selain mengusung fitur baru bawaan Android, update ini juga hadir dengan fitur call blocking, full dual-standby untuk varian dual SIM, dan hadirnya Do Not Disturb mode. Update ini juga hadir dengan peningkatan kinerja. Tak hanya itu, update ini juga meningkatkan kemampuan Asus Extended Easy Mode yang kini menghadirkan kontak, call log, dialer, aplikasi pesan yang lebih mudah dibaca. Kamera juga mendapatkan peningkatan kemampuan dengan dukungan fitur automatic image stabilization yang dapat meminimalisir efek blur saat memotret dalam keadaan goyang atau tidak steady. (source)
Sampai di sini dulu posting mengenai langkah update Android 4.4 KitKat di smartphone Asus Zenfone 4, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

sumber http://tuxlin.com
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()