-->
ads here

Android Tidak Mau Nyala Dan Diam Di Logo ?

advertise here
Mempunyai masalah pada smartphone memang sangatlah menyulitkan, apalagi bagi kita yang tidak mengetahui cara mengatasinya. di rifkablog akan memberi tahu cara menghidupkan android yang dinyalakan tetapi tidak mau masuk ke menu atau home screen, hanya diam dilogo.

Diam dilogo atau awal boot itu dinamakan bootloop pada smartphone android. jika hal tersebut terjadi coba gunakan cara atau tutorial yang ada di internet. dari pada kalian membawanya ke toko reparasi handphone lebih baik dengan cara sendiri dan tanpa mengeluarkan uang. salah satunya melalui cara yang banyak disebarkan para developer android.

Android Bootloop bisa terjadi karena terjadinya error pada file system atau tidak sesuai yang menyebabkan android tidak mau menyelesaikan booting. dan bisa jadi karena setelah menginstall rom, kasus yang sering terjadi pada android adalah bootloop, kenapa ? banyak yang ingin mengganti custom romnya dan tidak sesuai dengan device yang di tuju dan menghasilkan bootloop. yu langsung saja simak untuk cara mengatasinya.

1. Reset System Menggunakan Recovery Android
Reset system adalah cara yang cukup efektif yang dapat digunakan apabila android atau smartphone kalian mengalami bootloop atau ingin mengembalikan kemode parbrik, apalagi untuk smartphone android yang telah menginstall Custom Recovery seperti CWM, TWRP, Philz atau semacamnya, ada untungnya menginstall custom recovery, kenapa ? kalian bisa menggunakannya untuk menginstall custom rom yang lain menggunakan custom recovery yang telah terinstall pada android kalian.

Bagaimana cara reset system menggunakan recovery ?

  1. Masuk kerecovery android dengan cara menekan tombol
    a. Power + Volume UP ( Jika tidak bisa coba tambah dengan menekan tombol home dibawah)
    b. Power + Volume Down ( Jika tidak bisa coba tambah dengan menekan tombol home dibawah)
    c. Power + Volume UP + Volume Down ( Jika tidak bisa coba tambah dengan menekan tombol home dibawah)
  2. Pilih Wipe Data atau Reset System lalu OK
  3. Tunggu proses pengembalian system pada android bekerja
  4. Reboot
Jika cara tersebut belum berhasil coba menggunakan step kedua.
 
2. Install Stock Rom Menggunakan Custom Recovery Android
Custom Recovery android sekarang sudah banyak berkembang, dan yang terpopuler adalah CWM, TWRP dan Philz, Coba pasang Custom Recovery tersebut untuk menginstall stock rom agar android yang bootloop dapat digunakan kembali seperti biasa.
Sebelum melakukan penginstalan stock rom, sesuaikan build number device android kalian dengan stock rom yang telah didownload atau diunduh di situs resmi dari device android kalian.
Bagaimana cara install stock rom menggunakan custom recovery ?
  1. Download Stock Rom sesuai tipe berformat .zip
  2. Masuk kecustom recovery dengan menekan tombol :
    a. Power + Volume UP ( Jika tidak bisa coba tambah dengan menekan tombol home dibawah)
    b. Power + Volume Down ( Jika tidak bisa coba tambah dengan menekan tombol home dibawah)
    c. Power + Volume UP + Volume Down ( Jika tidak bisa coba tambah dengan menekan tombol home dibawah)
  3. Pilih Wipe Data - Wipe Cache - Advance Wipe Dalvik
  4. Install Zip
  5. Pilih ROMnya.ZIP
  6. Tunggu proses
  7. Reboot
Dengan cara diatas sistem operasi android telah disegarkan dengan stock rom yang baru, otomatis pasti akan masuk seperti android baru.
3. Flash Android Menggunakan Flashable Android
Banyak aplikasi flashable android, dan yang terpopuler adalah ODIN, MTK, ADB, Dan lain lain. dengan menggunakan flash, android kalian dapat disegarkan menggunakan firmware terbaru yang dapat diunduh melalui website atau situs resmi dari device android sobat.
Bagaimana Cara Flash Android ?
  1. Buka Google dan search tutorial flash android dengan tipe android sobat. biasanya perlu berbagai alat seperti berikut :
    a. USB Cable atau Kabel Data
    b. Komputer Atau Laptop atau bisa pake punya teman atau bisa juga di warnet hehe.
    c. Internet dan Firmware android
  2. Dengan cara yang diberikan pada blog atau situs engine, kalian dapat mengikuti instruksi untuk flash android sobat yang bootloop tersebut
4. Jika Belum Teratasi Bawa KeGerai
Jika semua cara yang digunakan tidak berhasil coba untuk membawa android kalian dengan kartu garansi atau jika tidak ada kalian bisa langsung kegerai resmi dengan merk android yang sobat beli. jika memilih kegerai mungkin akan terkena harga yang cukup mahal, karena apa ? teknisi yang akan turun tangan dan berpengalaman dengan android yang dimiliki kalian. dan karena resmi dan bukan ilegal. kalo yang gak mau mahal juga ada, kalian bisa pergi ke tempat reparasi smartphone seperti konter hp dan lain lain.
Begitulah tips tentang cara mengatasi android yang tidak mau nyala dan diam di logo. Tinggalkan komentar yah.
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()